Home Travel Daftar Bangunan Kuno / Bersejarah

Daftar Bangunan Kuno / Bersejarah

126
1
SHARE

Tangerang merupakan salah satu kota yang menyajikan beragam tempat destinasi wisata. Salah satunya yaitu destinasi wisata dengan tema bangunan  kuno/bersejarah. Pastinya buat kalian yang suka dengan hal-hal sejara tentunya sangat cocok untuk mencoba dating di destinansi wisata bangunan kuno atau sejarah ini. Sekaligus bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar sejarah tentunya. Ini dia daftar bangunan kuno atau bersejarah di kota Tangerang yang wajib kalian datangi ketika berada di Tangerang :

  1. Kelenteng Boen Hay Bio

Kelenteng Boen Hay Bio terletak di Jalan Pasar Lama Serpong, Desa Cilenggang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Jawa Barat. Bagian depan Kelenteng Boen Hay Bio, dengan tulisan pada gerbang berbunyi “Vihara Karunayala, Boen Hay Bio Serpong”. Halaman Kelenteng Boen Hay Bio ini cukup luas, dengan warung penduduk terletak di sebelah kanan depan, di bawah pohon beringin. Menempel di atas wuwungan gerbang Kelenteng Boen Hay Bio ada kepiting raksasa. Ornamen yang baru pertama kali saya lihat di kelenteng ini. Rupanya kepiting dalam budaya Tionghoa dipercaya dapat melindungi kuil dan mampu mmengusir roh-roh jahat.

  1. Patung Proklamator Soekarno-Hatta

Pada awalnya patung bapak proklamator ini berada di tengah jalan tol Bandara Soekarno hatta, namun kini dipindahkan di bundaran bandara Internasional Soekarno-Hatta. Wisata Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Tangerang Banten adalah salah satu tempat wisata yang berada di Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia. Wisata Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Tangerang Banten adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Tangerang Banten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Tangerang tidak mengunjungi Wisata Patung Proklamator Soekarno-Hatta di Tangerang Banten yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

  1. Keramat Tiga Raksa

Keramat Solear yang merupakan hutan lindung seluas 4,5 hektar di Dusun Solear, Desa Cikasungka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang sekitar 16 kilometer dari Tigaraksa dikenal sebagai kawasan wisata yang dihuni ratusan hewan kera. Kawasan tersebut menjadi wisata lokal yang masih sering dikunjungi.

Di lokasi ini terdapat makam pengikut para wali, salah satunya makam Syekh Mas Masaad bin Hawa. Ia adalah seorang panglima pasukan Kesultanan Banten yang ditugaskan untuk menyebarkan agama dan memperluas wilayah di daerah yang sekarang dikenal bernama Tigaraksa.

Di cikal bakal Tigaraksa itu Mas Masaad harus bertempur melawan Pangeran Jaya Perkasa atau Mas Laeng, patih Kerajaan Pajajaran yang dibantu oleh Ki Seteng. Namun pertempuran berlangsung seimbang sehingga ketiganya sepakat untuk berdamai. Kesepakatan ketiga tokoh itulah yang memberi nama Tigaraksa pada wilayah itu, yaitu tiga yang memelihara (perdamaian).

  1. Tugu Adipura

Wisata Tugu Adipura yang berlokasikan di Jl. M. Yamin, Kota Tangerang. Tempat ini biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda dari berbagai komunitas di hari Minggu ketika car free day. Melihat sekeliling daerah tentu ada begitu banyak sisi unik dan menarik. Terlepas dari hal itu, setiap daerah memiliki ciri khas nya tersendiri. Di Jogja ada sebuah tugu yang merupakan simbol pemersatu antara Raja/Kesultanan dengan rakyatnya. Kemudian ada banyak tugu lainnya di beberapa daerah yang menjadi perlambangan peristiwa penting dari wilayah tersebut. Tugu memiliki makna dan kisah dibalik keindahan dan kemewahannya.

Selain di Jogja terdapat juga tugu di Tangerang. Berlokasi di tengah Jl. Veteran, jl. M Yamin dan jl. Tmp Taruna berdiri tugu yang bernama Tugu Adipura. Asal mula pemberian nama Adipura berawal dari sebuah penghargaan Piala Adipura Kencana pada tahun 2010 untuk Kota Tangerang. Dan sudah 7 kali berturut-turut diperoleh Kota Tangerang sampai saat ini. Bahkan pada tahun 2013 dan 2017 Kota Tangerang di kategorikan sebagai Kota Metropolitan.

5. Kelenteng Tjo Soe Kong

Klengteng Tjoe Soe Kong adalah klenteng tua yang yang dibangun abad-18, atau sekitar tahun 1792 di bibir Pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Klenteng ini dibangun oleh warga keturunan Tionghoa Tanjung Kait yang merupakan imigran dari Kabupaten Anxi di Provinsi Hok Kian Cina. Nama lain dari klenteng Tjoe Soe Kong adalah Rong Jia Yi Da Bo Gong Miao.

Klenteng Tjoe Soe Kong yang saat ini menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kabupaten Tangerang ini merupakan bangunan klenteng paling unik. Karena berbeda dengan klenteng-klenteng yang terdapat di beberapa daerah di Pulau Jawa, klenteng ini terlihat lebih sederhana. Pada atap bangunan klenteng ini tidak terdapat patung sepasang naga yang sedang memperebutkan mustika, atau patung burung hong, yang biasanya menjadi ciri khas bangunan klenteng. Namun pagoda yang terdapat di klenteng terebut.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here