Home Liburan 14 Wisata Alam Tangerang yang Wajib Dikunjungi

14 Wisata Alam Tangerang yang Wajib Dikunjungi

33
0
SHARE
wisata alam tangerang

Wisata Alam Tangerang – Kota Tangerang termasuk salah satu kategori kota terbesar sekaligus jantung perekonomian yang ada di Indonesia terutama pada bidang indutri dan jasanya. Terdiri dari 13 kecamatan yang dihuni oleh penduduk dengan mayoritas keturunan Tionghoa-Benteng. Kota ini memiliki sejuta pesona alam dan panorama yang sangat menakjubkan untuk dilihat dan dikunjungi.

Tidak heran banyak yang berkunjung atau ke wisata ke Tangerang karena disini banyak tempat objek wisata alam yang tak kallah dengan kota-kota lainnya, mulai dari situs budaya, sejarah, spot foto kekinian dan instagramable, tempat kuliner, hingga air terjun. Dengan keindahan alam yang dimiliki, menjadikan wisata alam Tengerang ini wajib untuk dikunjungi jika Anda berkunjung ke Ibu Kota Banten ini. Berikut adalah ulasan tempat wisata alam di Tangerang yang wajib Anda explore.

1. Scientia Square Park

scientia square park

Taman ini terletak di Jl.Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang. Memiliki banyak spot foto atau kegiatan aoutdoor lainnya seperti, memberi makan ikan koi, jogging, wall climbing, yoga, dan lainnya. Anda juga dapat mengajak si kecil untuk berinteraksi langsung dengan kupu-kupu. Disini juga terdapat tempat duduk artistik berupa lantai kayu dan beberapa bantal besar berwarna hijau. Taman ini terbuka untuk umum, dengan tiket masuk untuk weekdays Rp 30.000 pukul 06:00 – 21:00 dan weekend Rp 50.000 pukul 06:00 – 23:00.

2. Situ Cihuni

situ cihuni

Situ atau “danau” yang terletak di desa Cihuni, Pegedangan, Tangerang ini memiliki keindahan alam yang sangat menyegarkan. Area ini adalah danau dengan rerumputan hijau serta pepohonan rindang yang menjadi pemandangan alami. Situ Cihuni juga memiliki rute yang cukup menantang bagi Anda yang senang bersepeda, disebut Jalur Naga.

Berbagai kegiatan juga ada disini termasuk memanen sayur dan buah. Tersedia juga sajian masakan tradisional yang lezat dan tempat bersantap berbentuk saung dari bambu.

3. Situ Bulakan

situ bulakan

Situ Bulakan memiliki luas 300.000 m2 yang terletak di Kel.Periuk, Kec.Periuk, Tangerang. Situ ini sebagai tempat bersantai dan menikmati suasana sekitar yang sangat ramai terutama pada akhir pekan bagi pengunjung keluarga maupun pasangan. Aneka kuliner ada di wisata ini jagung bakar yang lezat dan murah. Anda juga dapat menyewa perahu kayuh dengan membayar Rp 15.000 selama 30 menit.

4. Situ Cipondoh

situ-cipondoh

Situ Cipondoh terletak di Jl.Kyai Haji Hasyim Ashari kota Tangerang. Pengunjung dapat memancing, bermain sepeda air, flying fox, naik bebek-bebekan, dan bermain miniatur kereta. Tempat wisata ini cocok untuk berpiknik dengan keluarga dengan nuansa danau yang indah dan asri.

5. Telaga Biru Cisoka

telaga biru cisoka

Telaga Biru Cisoka atau yang orang kenal dengan Telaga Biru Cigaru merupakan tempat wisata yang cukup populer di Tangerang. Lokasinya di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kec.Cisoka, Tangerang. Danau ini berwarna biru, dipadukan dengan pemandangan bukit-bukit batu di sekitarnya. Dulunya tempat ini merupakan galian pasir namun sudah tidak terpakai lagi. Lubang galian pasir tersebut terisi oleh air hujan dan lama-kelamaan air yang tertampung semakin banyak sehingga membentuk sebuah telaga atau danau. Anda dapat menikmati deru angin dan tenangnya kolam dengan naik perahu yang dapat disewa seharga Rp 20.000. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya parkir Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk mobil.

6. Pulau Cangkir Kronjo

pulau cangkir kronjo

Pesisir utara kota Tangerang memiliki pesona alam tersendiri dengan luas 4,5 hektare. Pulau kecil ini dihubungkan dengan daratan oleh sebuah jembatan yang dapat Anda tempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit saja. Tentunya Anda akan disuguhi dengan panorama mangrove yang hijau dan menyegarkan. Pengunjung juga dapat ziarah ke makam salah satu seorang ulama besar yang ada di Banten, yaitu Syekh Waliyuddin atau sering disebut Pangeran Jaga Lautan.

7. Tebing Koja

tebing koja

Tebing Koja dapat Anda masukkan dalam kategori spot fotogenik dengan nuansa alam yang sangat indah. Karena memiliki pemandangan dan alam yang asri. Lokasinya di Desa Cikuya, Solear, Tangerang. Tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata nghits. Dibuka pada pukul 07:00 – 18:00 dan Anda hanya perlu membayar harga tiket Rp 3.000 per orang.

8. Taman Kunci Cikokol

Taman-Kunci

Taman ini berada di Taman Kunci, Babakan, pusat Kota Tangerang. Dengan adanya spot asyik membantu Anda untuk melepaskan lelah dan stres karena tempatnya di taman kota yang sejuk dan hijau. Disini juga terdapat beragam wahana bermain anak serta spot foto instagenik. Anda tidak perlu membayar karena free biaya jika ingin mengunjungi taman ini.

9. Tanah Tingal

tanah tingal

Tanah Tingal merupakan area nongkrong sekaligus lokasi outbound yang menawarkan pemandangan indah. Berlokasi di Jl.Merpati Raya No.32, Kel.Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di Tanah Tingal ini, seperti berenang, outbound, mengamati aktivitas burung, melihat berbagai foto, wall climbing dan lainnya. Disini juga mendukung acara wisata seperti terdapat pondok penginapan, rumah panggung, area berkemah dan permainan air, dan lainnya.

10. Pantai Tanjung Pasir

Pantai-Tanjung-pasir

Pantai ini memiliki pasir yang halus berwarna putih bersih. Bahkan hamparan pasir putihnya terlihat dari daratan yang jauh dari garis pantai. Pengunjung dapat menyeberang ke Pantai Pulau Seribu dengan akses kapal kayu dengan harga cukup murah serta lengkap denngan jaket pelampungnya yang menjamin keselamatan pengunjung.

11. Pantai Tanjung Kait

pantai tanjung kait

Pantai ini menyuguhkan wisata alam, wisata air, dan wisata kuliner dengan beberapa pondok rumah makan yang berada di atas air. Terletak di Jl.Naval Radar Station Tanjung Kait, Mauk, Ketapang, Tanjung Anom, Mauk, Tangerang. Pengunjung juga bisa berkunjung ke desa nelayan yang menjorok ke laut dan berjalan sepanjang dermaga desa nelayan tersebut yang terbuat dari rangkaian bambu.

12. Taman Potret

taman potret

Taman ini memiliki luas 5000m2 berlokasi di Jl.Sudirman, Kota Tangerang. Taman Potret cocok untuk liburan keluarga karena merupakan taman hiburan berbalut “rekreasi keluarga”.

13. Taman Bambu (Bamboo Park)

taman bambuu

Tangerang juga memiliki tempat wisata Taman Bambu yang berkonsep eduwisata, sehingga pengunjung dapat berwisata sambil menambah wawasan dan pengetahuan. Edukasi yang diberikan pun tidak jauh-jauh dari nama tempat wisatanya, yakni mengenai jenis dan ekonomis dari bambu. Karena selama ini masyarakat masih minim pengetahuan tentang bambu serta manfaatnya. Seperti dijadikan alat musik, jembatan artistik, peralatan rumah, hingga kuliner.

14. Kandang Jurank Doank

kandang jurank doank

Tempat wisata yang terletak di Kompleks Alvita Blok Q No.14, Ciputat, Tangerang ini menjadi wajah seru bagi anak-anak. Mereka bisa berlibur dengan mengasah kreativitas seperti bernyanyi, kriya, melukis, menari, dan fotografi.

Itulah 14 objek wisata alam di Tangeranng yang dapat menjadi pilihan Anda saat berlibur ke Kota Tangerang. Selalu jaga lingkungan Anda, jangan membuang sampah sembarangan dan hormatilah kearifan lokal budaya sekitar terutama jika Anda berlibur ke Kota Tangerang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here